Jumat, 13 Oktober 2017

17 Tempat Wisata Indah di Barat Jogja


17 Tempat Wisata Indah di Barat Jogja

Pemandangan alam Kulonprogo dilihat dari perbukitan menoreh



Jogja memang punya pesonanya tersendiri. Setiap tempat menyuguhkan pemandangan yang berbeda namun semuanya indah. Kalau Gunungkidul terkenal dengan pantainya yang indah, Sleman dengan Gunung Merapi, Kota Jogja dengan Malioboro, Bantul dengan pemandangan alam dan pantai, maka Kulonprogo dikenal dengan pemandangan alamnya yang sangat menawan. Seperti halnya di Kecamatan Kokap Kulonprogo yang menawarkan tempat-tempat wisata yang sangat menawan. Waduk Sermo menjadi salah satu lokasi favorit. Baik pemandangan ke waduk maupun ketika kita bermain ke sekitar waduk.
Berikut tempat wisata yang dapat Anda kunjungi ketika ke Kulonprogo:

1. KALIBIRU
Tempat wisata Kalibiru memang sangat ikonik. Tempat wisata ini terletak di Hargowilis, Kokap, Kulonprogo. Tempat ini memang sangat menawan dan saat ini sudah menjadi salah satu destinasi favorit ketika kita berjunjung ke DIY.
Kalibiru memang merupakan wisata alam yang sedang populer akhir-akhir ini. Dari Kalibiru, kita bisa melihat pemandangan Waduk Sermo. Di tempat ini ada banyak spot foto yang bisa dipilih. Biayanya juga bervariasi tergantung lokasi berfoto. Latar belakang Waduk Sermo menjadi ikon ketika kita berfoto di tempat tersebut.


Kalibiru



2. AKAR LIAR 
Waduk Sermo yang ada di Kokap, Kulonprogo terus dipercantik dengan menambah spot-spot foto baru. Salah satunya adalah Akar Liar. Tempat ini menjadi salah satu destinasi yang layak dikunjungi.
Akar Liar beralamat di Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Pengunjung dapat menemukan Akar Liar dengan mudah karena letaknya relatif dekat dengan dermaga wisata Waduk Sermo.
Pengelola menyiapkan tempat berfoto yang terbuat dari bambu dan menyerupai rakit. Sesuai nama yang diangkat, akar pohon besar menjadi penghias wahana tersebut. Soal latar belakang foto, pengunjung tidak perlu lagi meragukan keindahan perbukitan di sekitar Waduk Sermo.

3. TAMAN PRING KUNING 
Taman Bambu Kuning berada di tepian Waduk Sermo dan dipenuhi oleh pohon kelapa. Tempat ini bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari Kota Wates dengan naik sepeda motor. Di Taman Bambu Kuning sendiri ada spot foto love dan spot Anjung Rumah Bambu. Spot yang paling banyak dipakai wisatawan adalah spot love dan spot tampir.
Tempat itu dinamai Taman Bambu Kuning karena pada awal pembangunan di area depan ditanami bambu kuning, dan pagarnya juga dari bambu kuning. Taman Bambu Kuning dibuat untuk menyediakan tempat foto alternative supaya wisatawan yang gagal berfoto di Kalibiru tidak kecewa,

4. GUMUK SRI TINON
Gumuk Sri Tinon terletak di sekitar Waduk Sermo Kulonprogo. Objek wisata ini menyajikan daya tarik berupa keindahan alam di pinggir Waduk Sermo. Gumuk Sri Tinon berada di jalan lingkar Waduk Sermo, tepatnya di Desa Hargowilis, Kokap, Kulonprogo. Dari pusat Kota Jogja berjarak kurang lebih 37 km. Akses menuju kawasan ini dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

5. BUKIT PETHU
Objek wisata ini layak dimasukkan dalam daftar destinasi saat berkunjung ke kawasan Waduk Sermo di Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Keindahan waduk yang diresmikan pada 1996 itu sekarang bisa dinikmati lebih dekat dari Bukit Pethu.
Bukit Pethu terletak di Dusun Tegalrejo, Desa Hargowilis, Kokap. Lokasinya mudah ditemukan karena cukup mengelilingi jalan lingkar Waduk Sermo. Sudah ada banyak papan petunjuk yang disiapkan pengelola. Saat menuju ke Bukit Pethu, wisatawan bakal disuguhkan dengan keindahan alam sekitar Waduk yang masih asri.

6. WADUK SERMO
Peningkatan kunjungan wisata ke Waduk Sermo mulai dirasakan sejak tiga tahun terakhir ini. Selain dapat menikmati keindahan waduk secara luas, kelompok masyarakat saat ini juga menyediakan fasilitas taman spot foto dengan lokasi tersebar di tepi Waduk Sermo. Paling tidak terdapat enam spot foto yang disediakan untuk wisatawan. Keenamnya adalah Taman Akar Liar, Bukit Pethu, Gumuk Sri Tinon, Bambu Kuning, Bambu Air dan Taman Spot Munggur.


Waduk Sermo



7. TAMAN BAMBU AIR
Bagi yang senang berswafoto Taman Bambu Air yang ada di Waduk Sermo bisa menjadi pilihan. Taman Bambu Air berada di tengah waduk dan terbuat dari potongan bambu dengan tong plastik. Sementara rangka dibuat dari besi sehingga taman ini cukup kuat untuk menahan bobot pengunjung. Tamn ini dilengkapi dengan saung bambu lengkap dengan lampu minyak khas tempo dulu, meja dan kursi bambu, caping pak tani & dihiasi dengan pot berisikan bambu hias serta sepeda onthelnya. Ada satu spot yang hits di tempat ini, yaitu spot bulan dengan ikon bulan sabitnya yang berwarna kemerahan di ujung jembatan bambu yang mengapung di atas air.

8. TAMAN MUNGGUR
Taman Munggur saat ini juga jadi salah satu spot terbaik untuk berswafoto. Tempat ini hampir sama dengan Kalibiru dan Bukit Pethu. Bedanya, dari lokasi ini kita bisa melihat pemandangan dua panorama sekaligus yakni, Waduk Sermo & juga pemandangan cantik dari perbukitan menoreh.

9. PULAU TERAPUNG
Tempat ini disebut pulau terapung karena merupakan sebuah pulau buatan. Pulau ini dibuat dari rangkaian bambu, besi sudut dan juga Styrofoam yang membuatnya terapung seolah pulau di tengah waduk. Untuk sampai ke tempat tersebut, harus menggunakan perahu yang ditarik dengan tambang. Karena unik, pulau terapung sering digunakan untuk prewedding. Spot yang unik ini, bahkan di tumbuhi oleh pandan & tetumbuhan lainnya.

10. JANGKANG HILL
Jangkang Hill atau Bukit Jangkang berada di pada bukit Sermo tempat di mana pohon jangkang yang menjadi nama tempat ini tumbuh. Tempat ini sangat menarik untuk digunakan berfoto. Seperti spot foto dari gardu pandang lainnya, tempat ini juga di lengkapi dengan tali pengaman bagi yang ingin berfoto di tempat ini.

10. BUKIT CENDANA
Bukit Cendana terletak di Dusun Tegiri II, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Objek wisata ini baru dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat sejak Januari 2017. Disebut Bukit Cendana karena di lokasi ini banyak tumbuh pohon cendana. Ada beberapa wahana foto dengan latar belakang deretan perbukitan menoreh dan Waduk Sermo yang disediakan pengelola.

11. GUNUNG GAJAH
Objek Wisata Tebing Gunung Gajah merupakan salah satu lokasi wisata di kawasan Kokap, Kulonprogo. Lokasi wisata ini berbatasan langsung dengan Purworejo, tepatnya ada di Dusun Tegaring II, Hargotirto, Kokap, Kulonprogo.
Sesuai dengan nama tebing, maka kemiringan tebingnya bisa 45 derajat. Selain itu lokasinya yang tinggi berada di 900 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain sejuk, pengunjung juga dapat melihat burung-burung bebas beterbangan. Bahkan di lokasi juga ada beberapa rumah untuk burung. Pengunjung di Tebing Gunung Gajah dapat menikmati arena tree top dengan berjalan dari pohon ke pohon. Selain itu ada spot foto mulai dari klasik hingga tematik.

12. PULE PAYUNG
Bukit Pule Payung merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata di Kulonprogo. Lokasi wisata ini terletak di Dusun Soropati, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Objek wisata ini memanfaatkan lahan milik sejumlah warga setempat dengan luas sekitar dua hektare. Konon, ada sebuah pohon pule dengan bentuk menyerupai payung berukuran besar yang diketahui sudah tumbang di sana. Itulah mengapa warga kemudian menamai dataran tinggi itu sebagai Bukit Pule Payung.
Ada delapan wahana foto yang disediakan di Bukit Pule Payung. Semuanya menawarkan keindahan perbukitan menoreh dan Waduk Sermo sebagai latar belakang dari berbagai sudut pandang, termasuk sepeda angkasa dengan latar belakang Waduk Sermo.


Pule payung


13. CURUG SEKRASAK
Curug Sekrasak merupakan objek wisata yang ada di Dusun Teganing, Hargotirto, Kokap, Kulonprogo.
Pemandangan alam yang masih asri serta air yang sangat jernih menjadi daya tarik utama lokasi ini. Lokasinya juga mudah dijangkau. Dengan menyusuri lingkaran waduk Sermo ke arah barat sampai bertemu pertigaan ambil kanan. Jika bertemu jembatan naik sedikit ada pertigaan aspal belok kanan..

14. CURUG SEDHUWAGANG
Curug Sedhuwagang merupakan salah satu destinasi wisata yang mulai banyak didatangi pengunjung ketika mereka berwisata ke Kulonprogo. Curug ini berada di Kecamatan Kokap, Kulonprogo.
Begitu sampai di pintu gerbang, pengunjung bakal dimanjakan dengan pemandangan sekitar curug yang tenang dan asri, ditambah sedikit penampakan air terjun dari Curug Sedhuwagang. Di sini banyak spot foto yang sangat instagramable dengan berlatar belakang air terjun yang sangat tinggi.

15. CANDI IJO
Gunung Ijo tterletak di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Dari tempat ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam di Kulonprogo dari atas. Sebab lokasi ini berada puncak Pegunungan Menoreh. Kawasan Gunung Ijo dapat diakses melalui Waduk Sermo.

16. GUNUNG AGUNG
Gunung Agung masuk wilayah Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Sebagian besar wilayahnya merupakan perbukitan diwarnai hamparan luas pohon-pohon pegunungan yang tampak hijau dan sejuk.
Kondisi alam yang indah jadi modal bagi pengelola untuk menggaet wisatawan. Saat ini lokasi ini menjadi salah satu lokasi wisata favorit di Kulonprogo.

17. BUKIT CANTINGMAS, PUNCAK DIPOWONO
Objek wisata ini, menawarkan keindahan alam yang serupa wisata alam Kalibiru. Puncak Dipowono berlokasi di ketinggian 650 mdpl dan berada tepat di atas Desa Wisata Kalibiru. Tetapi sesungguhnya pemandangan yang ditawarkan tak hanya menampilkan pesona Waduk Sermo dari atas bukit.
Salah satu daya tarik unggulan dari desa wisata ini yakni pemandangan luas yang menampilkan Kota Jogja, Kulonprogo, bahkan hingga Purworejo, Jawa Tengah. Garis pantai di pesisir selatan Kulonprogo juga dapat disaksikan dari kawasan wisata ini. Sedangkan, di sisi utara pengunjung juga akan disuguhkan keindahan Gunung Merapi.(RW)

Pesona kulonprogo#pesonajogja#Wonderfullindonesia#pemandanganalam#pesonaindonesia#kalibiru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar